Rabu, 27 November 2013

Pengalaman dan "Rasa" menggunakan Linux

saya mau nyoba coret-coret pengalaman menggunakan Linux.
mungkin bagi sebagian orang mengira bahwa Linux itu sulit di gunakan, ya'mungkin karena sudah terbiasa dengan Windows nya Microsoft, yang memang beda secara tampilan, aplikasi-aplikasi, pengoprasian dll.dulu saya juga mengira Linux itu sulit digunakan.hingga terus ragu untuk menggunakan Linux.takut gak bisa, setelah saya pikir, kenapa harus bilang gak bisa, kalau belum nyoba :) "? akhirnya saya pun mencoba menggunakan Linux, dengan bertanya-tanya dulu tentunya pada Orang yang pernah makai Linux, setelah info seputar Linux sudah cukup saya dapat. yang saya pilih yaitu "Ubuntu" yang dikembangkan oleh Canonical Ltd. berbekal sedikit pengetahuan dan DATA inet, mulai saya Download di www.ubuntu.com "

setelah ISO. Ubuntu saya dapat, lalu install, yang pada waktu itu saya installnya masih pakai "Wubi" buat Dualboot sama Windows. "Wubi" solusi mudah buwat pemula yang ingin menginstall Ubuntu, tanpa harus pusing-pusing buwat pengaturan partisi: D
dan akhire saya bisa juga merasakan OS ubuntu, ": Bangga" walau hanya Dualboot dengan Windows pakai Wubi "waktu itu belum berani install Ubuntu secara mandiri, atau membuat partisi takutnya salah dengan resiko DATA bisa ludes ke hapus dll: D

waktu terus berjalan maju (ya iyalah): D saya terus belajar OS Ubuntu sampai ini saya tulis, tapi cuma belajar mengoprasikan, bukan oprek-oprek / semacam RE-master, atau dan yang sejenis: D

setelah saya sedikit lebih tahu tentang OS Basis Linux, yaitu yang ane pakai Ubuntu, ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan untuk mengoprasikan Ubuntu, "mudah" asal mau belajar.

terkesan dan nyaman, itu yang saya dapatkan ketika pakai Linux Ubuntu, sempat juga pindah-pindah Distro lain karena penasaran, dari Linux Mint, Zorin OS, Debian dll, yang sama-sama keuarga Linux, tapi akhirnya balik ke OS Basis Linux pertama yang saya pakai, yaitu Ubuntu. : D



Yang buat saya nyaman pakai Linux yaitu.

1. Bebas digunakan tanpa harus membeli Lisensi, atau dapat OS yang Legal walau tanpa membeli Lisensi "ini point utama bagi saya ,: D seperti Kita ketahui, Beli Lisensi OS yang di jual belikan itu harganya tidak murah bagi sebagian orang, termasuk saya: D

2.Mudah menemukan aplikasi yang saya butuhkan, tersedia di (saya menyebutnya) "Pasar Ubuntu" / "Ubuntu Software Center", dan banyak yang "Free": D
dan lagi-lagi, beli aplikasi yang dijual belikan tidak murah harganya, bahkan bisa lebih mahal dari harga suatu OS nya.
di Ubuntu saya bisa dengan mudah, unduh aplikasi yang saya butuhkan, melalui Pasar Ubuntu, hanya modal DATA inet, dan tentunya "Legal"

3.Aplikasi-aplikasi yang saya butuhkan, banyak yang sudah ada di Ubuntu,

4.Selama saya makai belum ada yang namanya kena Virus, semoga gak kena Virus: D

5.Dan masih banyak lagi yang saya gak bisa sebutin ...

Kekuranganya mungkin, bagi saya si cuma game, yang masih suka main game-game "Pak taninya" OS Tetangga hehe: D
Kalau Di Linux Ubuntu nanti ada game-game yang seperti OS tetangga dan di gratiskan ,: ngarep, pasti jadi tambah manteb tenan: D

yang belum nyoba, buruan nyoba "jangan mengatakan sulit kalau belum mencoba"

Tampilan baru di install, Ubuntu 12.04, ini image dari wikipedia, saya gak punya yang baru di install, jadi ambil dari inet: D




nah, agar tampila bisa tambah manteb, musti di "anu" dulu: D

Tampilan punya saya sesudah di "anu" dan ini saya yang moding, cuma bisa seperti ini



dan bisa di modding sesuai selera Anda :)
wes lah, sa'mene wae, #Plak :-) .... Goo LINUX .... Goo OPEN SOURCE ... Wassalaamu'alaikum.

TTD
Slam Rakes



4 komentar:

  1. lamjut om (Y) :D iya om yang kurang game nya xixi lainnya joss lah

    BalasHapus
  2. Halo, salam kenal
    makasih sharingnya tentang ubuntu.
    saya juga penasaran mau pake ubuntu, krna emang bawaan laptop saya ubuntu, tp saya install OS tetangga hehee karena tku ga bisa ngoperasiinnya x_X

    kayanya nnti mau saya balikin jadi ubuntu lagi deh, kalo kerjaan stripping saya sama laptop ini dah kelar hehee...

    oya, mau tanya, DATA Inet, WUBI, da Pasar Ubuntu itu apa?
    maklum newbie :) Makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry baru balas hehe... DATA inet itu Kuota internet. WUBI aplikasi buat install Ubuntu di atas OS windows dan pasar Ubuntu adalah tempat buat download aplikasi Ubuntu :)

      Hapus